Leaflet pemberian diet tbc

Juga, kurangi konsumsi makanan yang digoreng dan mengandung santan, terlebih lagi jika Anda merasa mual. Usahakan berat badan seimbang dengan tinggi badan.

Pada anak-anak seringkali dapat diraba di tepi kanan atau kirinya terdapat benjolan pembengkakan kelenjar-kelenjar. Diposting oleh. Makanlah secara cukup sumber mineral terutama zat besi dan kalsium seperti hati, susu, ikan, daging, dsb Bahan Makanan Yang Diperbolehkan a.

Jumlah penderita TBC paru dari tahun ke tahun leaflet pemberian diet tbc Indonesia terus meningkat.

Pencegahan Primer Dengan promosi kesehatan sebagai salah satu pencegahan TBC paling efektif, walaupun hanya mengandung tujuan pengukuran umum dan mempertahankan standar kesehatan sebelumnya yang sudah tinggi. Dengan menghindari makanan bernatrium ataupun berkafein tinggi maka penyembuhan penyakit TBC dapat berjalan dengan baik.

Hal ini bertujuan agar sistem kekebalan tubuh Anda kuat dalam melawan infeksi sebagai penyebab TBC. Bila minum obat tidak teratur maka dapat berakibat kuman TBC tidak mati, tumbuh resistensi obat, kuman menjadi kebal sehingga kuman TBC sulit sembuh.

Penyakit ini termasuk dalam penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri, tetapi penyakit ini bisa diobati dan dicegah. Tentunya, sel-sel dalam tubuh kita membutuhkan banyak energi untuk melawan infeksi.

Apakah TBC itu? Dengan penduduk lebih dari juta orang, Indonesia menempati urutan ketiga setelah India dan China dalam hal jumlah penderita di antara 22 negara dengan masalah TBC terbesar di dunia. Penderita harus minum obat secara lengkap dan teratur sesuai jadwal berobat sampai dinyatakan sembuh.

Pengobatan Penderita TBC a. Bayi dan anak di bawah 5 tahun. Anda bisa memakan jenis buah-buahan yang Anda suka, tidak ada pantangan. Protein gr.

Leaflet Tbc

Mendiagnosa TBC Harus dilakukan pemeriksaan dahak dengan miskroskop. Demi suksesnya pengobatan ini WHO menganjurkan menggunakan strategi penyembuhan jangka pendek dengan pengawasan langsung yang dikenal dengan istilah DOTS Directly Observed Treatment Shortcourse Chemotherapy yang meliputi mendeteksi pasien, melakukan pengobatan, dan melakukan pengawasan langsung.

Oleh sebab itulah infeksi TBC dapat menginfeksi hampir seluruh organ tubuh seperti: Mengurangi makanan bernatrium dan kafein Penyakit TBC akan semakin parah apabila penderita masih secara rutin mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung natrium dan kafein, makanan yang banyak mengandung natrium antara lain seperti junkfood, kerang, saus instan, alkohol dan masih banyak lagi, sedangkan untuk makanan yang banyak mengandung kafein seperti kopi, capuccino, moccaino, rokok dan teh tidak untuk teh hijau.

Kebutuhan karbohidrat pada pasien TBC lebih dari kebutuhan karbohidrat pada orang normal. Sumber protein nabati, misalnya tahu, tempe, kacang merah, kacang hijau, kacang kedelai, dan masih banyak lagi. Sayuran Dalam sayuran, Anda bisa mendapatkan berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, terlebih lagi jika Anda menderita TBC.

Anak-anak sering mendapatkan penularan dari orang dewasa di sekitar rumah maupun saat berada di fasilitas umum seperti kendaraan umum, rumah sakit dan dari lingkungan sekitar rumah. Merupakan gejala kronis dengan keadaan hipokromik konsentrasi hemoglobin kurangmikrositik yang disebabkan oleh suplai besi kurang dalam tubuh.

Diet yang Tepat untuk Mengobati Tuberkulosis (TBC)

Bisakah ditularkan secara genetik? Tinggal di lingkungan sehat Lingkungan yang sehat akan membantu penderita penyakit TBC untuk segera sembuh, karena penyakit ini disebabkan oleh virus sehingga jika penderita berada di lingkungan yang kotor maka akan menyebabkan virus tersebut semakin berkembang sehingga akan memperburuk keadaan.

Penyakit TBC biasanya menular melalui udara yang tercemar dengan bakteri Mikobakterium tuberkulosa yang dilepaskan pada saat penderita TBC batuk, dan pada anak-anak sumber infeksi umumnya berasal dari penderita TBC dewasa.

Pengobatan Pengobatan dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap awal intensif dan tahap lanjutan. Penularan TBC Tuberculosis ditularkan melalui droplet percikan dahak atau titik-titik air dari bersin atau batuk dari orang yang terinfeksi kuman tuberkulosis, Bakteri TBC terhisap melalui saluran pernapasan masuk ke dalam paru, kemudian bakteri masuk lagi ke saluran limfe paru dan dari ini bakteri TBC menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah.Leaflet Imunisasi Oleh: Niken Jayanthi I.

Pengertian Imunisasi adalah suatu cara untuk meningkatkan kekebalan pada bayi dan anak terhadap suatu antigen.

Diet pada penderita TBC (Tubercolosis)

II. Tujuan Imunisasi 1. Mencegah terjadinya penyakit infeksi seperti TBC, Difteri, batuk rejan, polio, campak dan hepatitis 2. Apabila terjadi penyakit tidak akan terlalu parah dan dapat.

· Diet tinggi kalori dan tinggi protein adalah diet yang mengandung lebih banyak kalori dan protein. Pronsip pembuatannya adalah dengan menambah makanan pokok.

Leaflet TBC

- Tidak adekuatnya diet besi dan intake makanan - Gangguan absorbsi besi pada usus (karena infeksi, peradangan, neoplasma pada gaster, duaodenum maupun jejenum) - Kehilangan darah karena perdarahan saluran cerna, neoplasma, gastritis, hemoroid, dll.

Penularan TBC melalui percikan dahak, sehingga semua orang bisa tertular TBC. Terutama, orang yang berinteraksi langsung dengan penderita TBC, seperti keluarga da tenaga kesehatan.

Oleh karena itu, pencegahan sangat perlu dilakukan. Jaga kebersihan, pola hidup, serta pemberian vaksin BCG adalah beberapa cara untuk terhindar dari TBC.

- Pemebritahuan baik melalui spanduk, iklan, poster, leaflet atau media lain tentang bahaya TBC, cara penularan, cara pencegahan, faktor resiko dan lain-lain - Mensosialisasikan tentang vaksin BCG. Kajian Pemberian Leaflet dan Reminder pada Pasien Hipertensi di Instalasi Rawat Jalan RSUD A.

W Sjahranie Samarinda Periode Desember – Februari

Leaflet pemberian diet tbc
Rated 0/5 based on 6 review